Tambang Grup Bakrie Beli 3 Perusahaan Batubara Rp 1,2 Triliun

Jakarta -PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mengakuisisi tiga perusahaan tambang batubara melalui anak usahanya PT Citra Prima Sejati (CPS). Nilai akuisisi ketiganya sekitar Rp 1,2 triliun.

Perusahaan milik Grup Bakrie itu mengambil alih tiga perusahaan, seperti dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Kamis (1/2/2014), yaitu PT MBH Mining Resource, PT Mitra Bisnis Harvest, dan PT Buana Minera Harvest. CPS mengambil alih kepemilikan saham mayoritas di tiga perusahaan itu.


Sebanyak 99,9% saham milik MBH Mining, 99,7% saham milik Mitra Bisnis, dan 99,9% saham milik Buana Minera. CPS sendiri 99,75% sahamnya dikuasai oleh BUMI.


Pengambilalihan 3 perusahaan ini dilakukan dengan cara konversi utang menjadi saham. Bumi punya tagihan Rp 338,32 miliar di MBH dan dikonversi menjadi 676.648 lembar saham.


Selain itu, CPS mengubah tagihan sebesar Rp 320,2 miliar dengan 320.202 saham baru Mitra Bisnis. Anak usaha Grup Bakrie itu juga akan mengubah tagihan senilai Rp 596,31 miliar dengan 1,19 juta saham baru Buana Minera.


Pembayaran harga pembelian dalam transaksi tersebut dilakukan dengan cara tunai, konversi atas tagihan atau dengan cara lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


(ang/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!