Pertamina Gandeng BUMD Jakarta Pasok Gas Ke Rumah Susun

Jakarta -PT Pertamina (Persero) mengandeng BUMD DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo untuk pasok gas bumi untuk ke rumah susun.

Direktur Gas Pertamina Haro Karyulianto mengatakan kerjasama dengan Jakarta Propertindo ini bertujuan untuk mengembangkan pembangunan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi khususnya DKI Jakarta.


"Kebutuhan BBM di Jakarta ini tinggi, baik dari industri, transportasi sampai rumah tangga, makanya kita fokus untuk menurunkan konsumsi BBM dengan mengantinya dengan gas bumi. Jadi kerjasama ini untuk mengembangkan jaringan gas kota lebih besar lagi," ucap Hari ditemui usai penandatanganan kerjasama di Kantor Pertamina Pusat, Selasa (31/12/2013).


Direktur Utama Jakarta Propertindo, Budi Karya Sumadi menambahkan gas akan menjadi lifestyle masyarakat Jakarta, karena permintaanya akan banyak sekali.


"Gas murah, praktis dan ramah lingkungan, sehingga akan menjadi sangat luar biasa jika dimanfaatkan optimal khususnya di Jakarta," kata Budi.


Melalui kerjasama ini, Pertamina menargetkan pembangunan infrastruktur, seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di titik-titik strategis di DKI Jakarta dan pembangunan jaringan gas kota di wilayah pembangunan rumah susun yang telah dan akan dibangun Jakpro.


"Selain itu, Pertamina dan Jakpro akan melakukan kajian menyeluruh terhadap pembangunan pipa gas kota dan IPP beserta fasilitas pendukung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sebagai penunjang kelistrikan transportasi massal (MRT)," tandas Budi.


(rrd/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!