Antam Minta Pabrik Bahan Baku Pemurnian Emas Bebas Pajak

Jakarta -PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berencana membangun pabrik pengolahan anode slime. Ini merupakan industri hilir yang menyaring logam berharga di lumpur anoda.

Dari anode slime ini, akan dihasilkan bahan baku untuk proses pemurnian emas di PT Logam Mulia, yang merupakan anak usaha Antam.


"Pabrik anode slime kita rencananya beroperasi Desember. Tapi ternyata ada keterlambatan pengapalan, Desember baru dipasang. Jadi nanti Januari baru jalan," kata Tato Miraza, Direktur Utama Antam, kala ditemui usai menghadap Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (12/12/2014).


Namun untuk fasilitas anode slime ini, lanjut Tato, perseroan berharap mendapatkan fasilitas pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10%. Menurut Tato, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sudah memahami permintaan ini.


"Itu dengan Menteri Keuangan nanti. Pak Menteri Keuangan juga sudah aware," ujarnya.


Tato memang belum bisa memastikan apakah nantinya PPN terhadap anode slime akan dibebaskan. Namun dia menyatakan industri ini harus mendapat dukungan dari pemerintah.


"Belum tahu, tapi arahnya positif. Pemerintah sudah aware bahwa untuk downstream industry harus bantu lah. Apalagi ini kan produk bangsa sendiri," tuturnya.


Selain itu, lanjut Tato, di depan JK dirinya juga memaparkan perkembangan proyek-proyek terbaru. Umumnya proyek-proyek tersebut adalah pengolahan hasil tambang.


"Kita cerita kemajuan proyek kita hilirisasi apa. Misalnya ekspansi di Pomalaa (pengolahan nikel), itu sudah 80% sampai November ini. Insya Allah tahun depan September akan selesai," ucapnya.


(hds/hen)