Ini Cara Jokowi Bikin Ekonomi Indonesia Booming

Jakarta -Dalam kunjungannya ke Korea Selatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui sejumlah investor yang tertarik menanamkan modalnya. Jokowi mengatakan, investor mulai percaya kepada pemerintah Indonesia.

Saat di pesawat menuju Jakarta, Jokowi mengatakan, ada cara yang dia lakukan untuk membuat ekonomi Indonesia bangkit dan maju.


"Membangun kepercayaan sulit, sekarang investor mulai percaya bahwa kita serius menangani hambatan," jelas Jokowi, Jumat (12/12/2014).


Pembenahan itu adalah, soal penanganan defisit ganda yang dihadapi Indonesia. Saat ini Indonesia mengalami defisit anggaran dan defisit neraca perdagangan karena impor lebih banyak daripada ekspor.


Kemudian, pembenahan lain adalah, pembangunan pembangkit listrik yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri. Lalu penyederhanaan perizinan hingga proses pembebasan tanah yang mudah akan dilakukan Jokowi.


"Kalau ini satu per satu dilakukan, ini diatasi, kepercayaan itu muncul, itulah yang menjadikan Indonesia ekonominya menjadi booming. Menjaga kepercayaan itu sangat sulit. Oleh karena hati-hati kalau sudah dipercaya," kata Jokowi.


Selain itu, Jokowi mengatakan, bila investasi sudah masuk ke Indonesia, maka sektor usaha kecil hingga menengah juga akan bangkit. Ini bakal membuat daya saing Indonesia meningkat.


"Karena uang yang beredar di dalam negeri ke mana-mana, implikasinya ke mana-mana. Kita ingin APBN kita konsentrasinya yang kecil-kecil, nelayan, petani, pengusaha mikro di desa desa. Karena infrastruktur dikerjakan swasta. Terutama swasta dalam negeri," tutur Jokowi.


Rencana-rencana itu, ujar Jokowi, akan dilakukan dengan cepat karena pemerintah juga memiliki waktu yang terbatas.


"Kita ini dikejar, waktu terbatas, dikejar oleh waktu. Sehingga harus cepat‎, cepat, cepat dalam hal apa pun, baik kebijakan, implementasi, eksekusi semua harus cepat," ungkapnya.


(dnl/hen)