Pertamina Siapkan Rp 13 Triliun untuk Akuisisi Blok Migas di Luar Negeri

Jakarta -PT Pertamina (Persero) mengalokasikan dana sebesar US$ 1,1 miliar (Rp 13 triliun) khusus untuk mengakusisi blok minyak dan gas bumi di luar negeri tahun depan. Salah satu yang diincar ada di Malaysia.

"Kita sudah tetapkan beberapa lapangan minyak atau blok yang akan diakusisi tahun depan. Ada beberapa sumur di Malaysia ya," ungkap Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto ditemui di kantor BPH Migas, Jakarta, Jumat (12/12/2014).


Sementara lokasi lainnya, lanjut Dwi, masih belum ditentukan. "Tapi kita akan melakukan upaya-upaya untuk pengembangan kapasitas ladang minyak," ujarnya.


Dana yang dialokasikan untuk akuisisi ini, lanjut Dwi, cukup besar. "Kita alokasikan US$ 1,1 miliar," ucapnya.


Namun, nilai tersebut relatif kecil dibandingkan dengan total rencana investasi Pertamina yang mencapai US$ 7 miliar (Rp 84 triliun).


"Jadi dalam perencanaan, investasi US$ 7 miliar untuk tahun depan. Itu kalau disetujui pemegang saham ya. Kira-kira kita punya capex (capital expenditure/belanja modal) sekitar US$ 5 miliar, itu kebanyakan untuk pengembangan hulu migas seperti menambah sumur migas baru, pembangunan kilang minyak, dan upgrade kilang minyak. Kemudian US$ 1,1 miliar untuk akuisisi blok di luar negeri, sisanya lain-lain," jelas Dwi.


(rrd/hds)