Bangun Gedung Unik di Kaki Gunung Pangrango, WIKA Rogoh Rp 40 Miliar

Jakarta -PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) memiliki komplek bangunan Pusat Pelatihan Kepemimpinan di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat yang diberi nama Wikasatrian.

Untuk membangun gedung yang lokasinya di sekitar kaki Gunung Pangrango ini, WIKA merogoh investasi Rp 30-40 miliar. Bangunan berbentuk unik ini sudah berdiri sejak 11 Maret 2013.


"Dana ini digunakan untuk seluruh kegiatan dari mulai pembelian lahan, konsultasi hingga pengerjaan fisik bangunan," ujar Pamong Utama Wikasatrian Tonny Warsono kepada detikFinance, Sabtu (13/12/2014).


Rencananya, pengembangan kawasan ini akan tetap mempertahankan kelestarian alam sehingga tidak akan banyak dibuat bangunan baru. "Kita biarkan area hutannya banyak supaya kesan asrinya tidak rusak. Kita juga punya banyak varian tanaman yang banyak. Ada pohon sengon yang sudah 80 tahun, itu kan kami pertahankan," tuturnya.


Komplek pusat pelatihan ini berdiri di atas lahan seluas 9,5 hektar dan dikelola oleh anak usaha WIKA yang bergerak di bidang properti yakni PT WIKA Realty yang juga menjadi pengelola Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan menggarap beberapa perumahan dan apartemen di dalam negeri.


"Yang bangun ini anak usah semua, sekarang yang kelola juga anak usaha. Waktu pembangunan fisiknya sekitar 1 tahun," kata Tonny.


Ia menjelaskan, selain untuk keperluan internal perusahaan, Wikasatrian juga disewakan untuk umum khususnya untuk kegiatan pembinaan para pemimpin perusahaan. Next


(dna/hen)