Suami Karyawan BUMN di Jakarta dan Istri PNS di Belitung, Bagaimana Atur Keuangannya?

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Saya Fay, umur 25 Tahun. Sudah menikah tinggal di Jakarta karyawan BUMN, istri di Bangka Belitung bekerja PNS. Saat ini kami bertemu dua kali dalam sebulan.

Tahun depan Insha Allah akan lahir anak kami yang pertama, kami merencanakan di tahun kedua untuk memiliki rumah di sekitar Jabodetabek.


Bagaimana Mengatur Keuangan Keluarga Yang Kondisinya Jarak Jauh? dan Investasi apa yang cocok untuk kami yang berlatar belakang pekerja.


Jawaban:

Terimakasih Fay atas pertanyaannya,


Saya mengapresiasi usaha anda berdua sebagai suami istri yang masing-masing memilih untuk tetap produktif bekerja serta rela berkorban dengan bersedia tinggal di lokasi yang berbeda satu sama lain. Tentu diharapkan dengan masih produktifnya kalian di tempat masing-masing, kedepannya tujuan-tujuan keuangan yang dimilikipun dapat dicapai dengan usaha dan pengorbanan yang anda lakukan sedari saat ini.


Sudah pasti bukan tanpa alasan apabila pasangan yang telah menikah (apalagi baru menikah) bersedia untuk tinggal jarak jauh atau tidak satu atap dengan istri/suaminya. Dari pertanyaan anda, saya dapat sedikit menarik kesimpulan dari perjuangan anda berdua saat ini yang berharap agar tahun depan saat anak anda telah hadir di dunia, maka anda berdua dapat mendampingi anak anda sebagai orang tua yang lengkap.


Tentu, apabila telah memiliki keluarga kecil dan bahagia, tujuan keuangan umum yang diharapkan tercapai oleh pasangan suami istri adalah untuk memiliki aset produktif berupa rumah tinggal agar dapat menjalani hidup bersama sehari-hari. Hal ini tergolong wajar dan sangat mungkin dicapai dengan memiliki sebuah perencanaan keuangan yang matang.Next


(ang/ang)