Sempat Diprotes, Kantin di Kampus Ini Terapkan Transaksi Non Tunai

Yogyakarta -Gerakan Nasional Transaksi Non Tunai mulai diterapkan di berbagai kegiatan ekonomi masyarakat. Selain di tempat perbelanjaan modern, kawasan kantin di kampus pun sudah menerapkan transaksi non tunai.

Misalnya di kantin Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jumat (12/12/2014), sudah 80% mahasiswa UMY yang bertransaksi secara non tunai di kantin kampus. Mereka menggunakan Kartu Brizzi Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang bisa diisi ulang tanpa angka minimal. Kartu ini dapat dimiliki para mahasiswa dengan harga Rp 10.000.


"Per November 2014, sejak Oktober 2013 sudah terjual 17.598 Kartu Brizzi di UMY," kata supervisor UMY Boga, Rifqi Suprapto di kampus UMY Yogyakarta, Jumat (12/12/2014).


Di kesempatan yang sama, ‎Pemimpin Cabang BRI Jogja-Mlati, Sri Harjunanto mengatakan bahwa kerjasama dengan pihak UMY dilakukan mulai dari pembayaran SPP. Dia menceritakan, gerakan transaksi non tunai di kantin kampus ini sempat mendapat protes dari mahasiswa.


"Setelah diberi pengertian dan kita berikan diskon. Mereka akan enjoy belanja dengan non tunai,"‎ ujarnya.


Selanjutnya Kartu Brizzi juga akan diperkenalkan di kampus-kampus lain di Yogyakarta, antara lain yang sudah siap yaitu di STIKES Aisyah dan STIKES A Yani.


"Kalau di Yogyakarta yang pertama kali adalah UMY," ujar Harjunanto.


(sip/hen)