Pertamina Akan Beli Minyak Tambahan dari Sonangol 200 Ribu Barel

Jakarta -PT Pertamina (Persero) akan membeli 200.000 barel minyak mentah dari Sonangol EP, perusahaan minyak asal Angola. Namun ini di luar kesepakatan sebelumnya yang memberikan diskon 15%.

"Kita akan beli minyak dari Angola atau dari Sonangol sebanyak 200.000 barel. Tapi itu di luar nota kesepahaman yang ditandatangani di Istana Presiden," ujar Direktur Pertamina Ahmad Bambang di Kantor BPH Migas, Jakarta, Jumat (12/12/2014).


Bambang mengatakan, pembelian minyak dari Angola tersebut harganya berdasarkan kesepakatan antar korporasi. Lain dengan yang sudah disepakati antara pemerintah Indonesia dengan Angola.


"Ini business to bussines. Jangan bilang diskon atau tidak. B to B, dapatkan harga dengan perusahaan lain itu bagus," katanya.


Pembelian minyak dari Angola tersebut, kata Bambang, akan diangkut bersamaan dengan hasil produksi lapangan minyak Pertamina di Aljazair.


"Jadi dari Angola 200.000 barel, dari Aljazair 600.000 barel, kita angkut total 800.000 barel. Untuk kapannya ,saya lagi cari kapal tanker," tuturnya.


(rrd/hds)