Cerita Menteri Susi Soal Gus Dur dan Ekonomi Kelautan

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti malam ini mendatangi acara Haul ke-5 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di kediaman rumah Mahfud MD, Jalan Dempo 3, Matraman, Jakarta. Susi mengakui, dirinya mengagumi sosok Gus Dur.

"Dari dulu saya kagumi Gus Dur sangat banyak," ungkap Susi, Rabu (7/1/2015).


Susi mengakui, dirinya punya banyak kemiripan sifat dengan Presiden ke-4 Indonesia tersebut. "Saya punya banyak kesamaan dengan beliau," sambungnya.


Salah satu kemiripan sifat Susi dengan Gus Dur adalah, sama-sama ingin mendorong sektor kelautan di Indonesia. Sama halnya dengan Susi, Gus Dur ingin agar kiblat ekonomi Indonesia berubah dari daratan menjadi kepulauan.


"Dengan 2/3 wilayah kita adalah laut, Gus Dur melihat ini sebuah viewing yang luar biasa besar dan dalam. Setiap tahun kita dibentuk land culture bukan marine culture. Kita sering sebut Indonesia negara kepulauan, tetapi ekonomi kita justru lebih banyak ke darat," paparnya.


Dari konsep Gus Dur tersebut, Susi menyimpulkan, sosok Gus Dur punya konsep memajukan ekonomi kelautan di Indonesia. Sayangnya dengan pemerintahan yang tidak lama, Gus Dur belum sempat mewujudkan cita-citanya.


"Gus Dur mencanangkan untuk mengembalikan dan ini benar. Kita ini bukan negeri daratan tetapi kelautan atau kepulauan. Gus Dur telah membuat Departemen Kelautan dan Perikanan itu bagus dan tidak mudah," puji Susi.


(wij/dnl)