Menteri Susi: Saya Tidak Takut dengan Mafia Illegal Fishing

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi tamu istimewa di acara Haul ke-5 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di kediaman rumah Mahfud MD di Jalan Dempo 3, Matraman, Jakarta. Saat menjadi pembicara, Susi menegaskan jika ia tidak takut melawan mafia illegal fishing.

"Banyak yang bilang, kamu tidak takut lawan mafia illegal fishing? Saya jawab karena saya tidak berpendidikan, saya tidak tahu banyak. Karena tidak tahu banyak saya tidak takut apa-apa," kata Susi diiringi gelak tawa peserta yang hadir, Rabu (7/01/2015).


Acara kali ini juga dihadiri Mahfud MD, Yenni Wahid, Alwi Shihab, dan Wakil Ketua DPR Fachri Hamzah.


"Saya mau hadap presiden, sebelum itu kita tunggu bareng-bareng dengan Pak Luhut (Pandjaitan). Saya bilang akan berantas illegal fishing dan jangan ada beking-bekingan," kata Susi.


Hingga pada akhirnya, Susi mengeluarkan kebijakan moratorium izin kapal hingga pelarangan bongkar muat ikan (transhipment) di tengah laut. Kebijakan tegas lain yang ia keluarkan adalah, penenggelaman kapal ikan asing yang terbukti menangkap ikan secara ilegal di laut Indonesia.


"Siapa yang senang kalau kapalnya ditenggelamkan. Indonesia negara kedua dengan pantai terpanjang di dunia, ekspornya hanya nomor 5 di ASEAN. Ini sebuah ironi dan berlangsung bertahun-tahun," kata Susi.


(wij/dnl)