Ini Hasil Rapat Para Menteri Bahas Listrik di Kantor Menko Indroyono

Jakarta -Sejumlah menteri Kabinet Kerja di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat tertutup. Rapat ini membahas tindak lanjut rencana pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW yang ditargetkan Jokowi.

Rapat digelar sekitar pukul 16.00 hingga pukul 18.00 WIB di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat, Kamis (8/1/2015).


‎"Kita rapat dalam rangka meningkatkan kandungan lokal dalam rencana pembangunan pembangkit 35.000 MW," tutur Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo.


Ada beberapa poin yang disepakati dalam rapat tersebut. Pada intinya, hasil rapat menyepakati peningkatan kandungan lokal untuk pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW.


"Kita sepakat melihat kemampuan dalam negeri dari 2 komponen yaitu manufaktur dan engineering procurement service. Juga sepakat dalam pembangunan 35.000 ribu MW, industri nasional akan ikut didorong semaksimal mungkin untuk berpartisipasi. Boiler, turbin, trafo juga sudah dikuasai. Hal ni akan digarap bersama," papar Indroyono.


Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menambahkan, pemerintah bakal memberikan komitmen penuh untuk mendorong industri dalam negeri memasok kebutuhan pembangunan pembangkit tersebut.


"Kita commit mendukung supaya konten lokal dalam industri ini bisa semaksimal mungkin. Pick the winner, kita cari mana yang lebih siap, kita dorong," tuturnya.


Selain Indroyono dan Sofyan, rapat ini juga dihadiri Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Selain itu, hadir pula Direktur PT PLN (Persero) Murtaqi Syamsudin.


(zul/hds)