Pusat Pelatihan FOO Merpati Ini Sekarang Jadi Sumber Penghasilan Pegawai

Jakarta -PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) resmi tidak beroperasi sejak Februari 2014, tapi aktivitas pelatihan di Merpati Training Center (MTC) masih berlangsung.

Tak banyak yang tahu, di tengah keterpurukannya kini, Merpati punya simulator untuk Flight Operation Officer yang diklaim satu-satunya di Indonesia.


Saat detikFinance menyambangi kantor Merpati di Gedung Basarnas, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, di lantai 11 gedung tersebut dipakai untuk Merpati Training Center. Di lorong berukuran sekitar 2 meter, kanan kirinya terdapat ruangan kelas. Ada sekitar 4-5 kelas di lantai itu.


Salah satu kelas sedang berlangsung pelatihan untuk Flight Operation Officer (FOO), petugas yang berkewajiban memberikan briefing mengenai perkiraan cuaca, dan hal-hal teknis lain sebelum pesawat mengudara. Sekitar 20 siswa tengah memperhatikan penjelasan dari Senior FOO, ‎Doni Romeo Rurut. Para siswa terdiri dari beberapa kalangan, yakni umum, dan instansi.


"Ada dari Basarnas, TNI juga kita latih," tutur GM Operation Training, Ramdhani kepada detikFinance di lokasi, Rabu (7/1/2015).


Tepat di ujung lorong lantai tersebut, terdapat ruangan berukuran sekitar 4 x 6 meter yang merupakan ruangan simulator‎ FOO. Ruangan tersebut dilengkapi meja, kursi, komputer dan layar LCD sebanyak 3 unit. Karena disebut simulator, fungsi dan bentuk ruangan ini sama persis seperti yang ada di bandara.


"Ini yang pertama di Indonesia. Yang lain nggak punya simulator seperti ini," jelas Ramdhani.


Layar LCD yang ada pun bukan hanya pajangan belaka. Layar tersebut menampilkan forecast atau perkiraan cuaca, angin, dan lain-lain yang kesemuanya disajikan real time atau aktual.


Dari sini lah, sebagian pegawai Merpati menggantungkan rezekinya selama mereka terkatung-katung tak mendapatkan gaji selama setahun lebih. Pendaftar FOO akan dilatih kurang lebih selama 8‎ bulan dan dikenakan biaya sekitar Rp 35 juta hingga lulus.


(zul/ang)