Sudah Setahun Tak Digaji, Begini Cara Pilot Merpati Cari Uang

Jakarta -Sejak November 2013, karyawan PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) tak dapat gaji. Mereka yang masih bertahan bekerja di maskapai pelat merah ini harus memutar otak demi dapat uang.

Seperti seorang pilot Merpati yang tak lagi mengudara, Captain Adi Avianto, memanfaatkan posisinya sebagai Managing Director SBU Merpati Training Centre untuk mengajar pelatihan pilot, Flight Operation Officer (FOO), Flight Attendant dan lain-lain.


Dia bercerita, ‎Merpati memiliki tempat pelatihan yang disebut Merpati Training Centre. Contohnya untuk FOO, MTC tersebut setiap tahunnya bisa membuka 6-8 kelas yang setiap kelasnya berjumlah 20 orang.


"Kita juga ada Merpati Pilot School, operational training meliputi pelatihan pilot, termasuk pilot yang sudah jadi kita berikan mandatory pelatihan setiap tahun," tuturnya kala berbincang dengan detikFinance di kantor Merpati, Jakarta, Rabu (7/1/2014).


Dia mengaku sudah tak dapat gaji pokok dari induk perusahaan Merpati. Selama ini dia menggantungkan pendapatannya dari bayaran yang dia dapatkan menjadi tenaga pengajar.


"Kita merekrut orang luar, pendapatannya dari situ. kita juga menginginkan Merpati hidup lagi," tambahnya.


Sementara itu, GM Operation Training MTC, Ramdhani menuturkan, untuk mengikuti pelatihan menjadi FOO di MTC ini, satu orang dikenakan biaya sebesar Rp 35 juta, dari awal hingga lulus. Next


(zul/ang)