Dahlan Iskan: Diberi Merpati Gratis Saja Saya Nggak Mau

Jakarta - Maskapai penerbangan plat merah PT Merpati Nusantara Airlines akan dijual oleh pemerintah karena sudah tidak sehat lagi kondisinya. Namun sayang, maskapai ini bakal sulit mendapat pembeli karena utangnya mencapai Rp 6 triliun.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, apabila dirinya saat ini seorang investor, dia tidak akan mau bila diberi Merpati secara gratis.


"Saya dikasih Merpati begitu saja, nggak usah bayar, nggak mau," ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (12/7/2013).


Pernyataan Dahlan bukan tanpa alasan. Ia mengaku dengan beban utang yang tinggi, investor akan takut mengelola Merpati, meskipun diberi secara gratis.


"Tapi syaratnya menjalankan itu, menjalakan aset dan utang, saya nggak mau," tegasnya.


Kemarin, Dahlah mengatakan kondisi maskapai penerbangan Merpati makin sulit dan tidak bisa diselamatkan lagi. Diungkapkannya kondisi Merpati secara korporasi sudah sangat sulit, karena itu diputuskan untuk dijual.


Bagi investor yang berminat bisa menyampaikan proposal ke Kementerian BUMN, dan diberi waktu 2 bulan untuk penjualannya. Namun Dahlan tidak mengungkapkan berapa harga jual Merpati.


Namun, ada opsi lain yang ditawarkan Dahlan untuk Merpati, yaitu melepaskan bisnis penerbangannya. Merpati bisa menggenjot bisnis maintenance facility untuk perawatan pesawat yang menurut Dahlan cukup mejanjikan.


(feb/dnl)