Gita Wirjawan: Saya Tahu Harga Cabai dan Bawang Impor

Jakarta - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan dirinya tahu berapa harga cabai dan bawang yang rencananya akan diimpor pemerintah dari China dan Vietnam. Harga cabai dan bawang impor ini jauh lebih murah dari harga di pasar tradisional saat ini.

"Harga cabai rawit impor Rp 25 ribu, bawang putih Rp 10.000," kata Gita usai rapat dengan Presiden SBY di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu (13/7/2013).


Kemarin, usai rapat pengamanan pangan dengan pelaku usaha dan Menteri Perindustrian, Gita menyatakan tidak tahu persis berapa harga cabai rawit atau bawang merah impor asal China dan Vietnam.


"Kita impor dari Asia, China dan Vietnam, di sana lebih murah, saya nggak tahu persis. Tapi lebih murah dari harga sekarang," kata Gita usai rapat yang diadakan di kantor Kementerian Perindustrian kemarin.


Seperti diketahui kementerian perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan izin impor bawang merah dan cabai rawit. Di semester II-2013, sebanyak 9.715 ton cabai rawit akan didatangkan sedangkan bwang merah pun akan diimpor sebanyak 16.781 ton.


Pada kesempatan itu, Gita mengatakan, soal langkah pemerintah menekan harga daging yang saat ini harganya masih bertengger di Rp 95 ribu/kg. Pemerintah telah memberikan izin impor daging kepada Perum Bulog. Daging yang diimpor Bulog berasal dari Australia dan New Zealand.


Di tempat yang sama, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, dari pantauan terakhir, harga cabai rawit naik 63% bulan ini, bawang merah harganya juga naik 49%. Sementara ayam dan daging sudah mulai turun. Harga gula dan minyak goreng menurut Hatta juga turun.


"Untuk daging sapi memang telah diputuskan untuk menambah pasokan melalui intervensi pasar 3.000 ton oleh Bulog. Diharapkan pada Selasa atau Rabu ini akan masuk 500 ton lewat Bandara Soekarno-Hatta, sisanya lewat Tanjung Priok," kata Hatta.


Dalam rapat tersebut, Hatta mengatakan Presiden SBY ingin harga-harga pangan semua distabilkan. Namun peternak dan pengimpor juga harus mendapatkan keuntungan.


Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengeluhkan izin impor yang diajukan Bulog kepada Kementerian Perdagangan sejak 3 bulan lalu, baru disetujui bulan puasa ini.


Dahlan mengatakan, harusnya sebelum masuk bulan puasa, Bulog sudah mengantongi izin impor daging sehingga harga daging yang sekarang masih Rp 95 ribu/kg bisa diintervensi dan ditekan dengan cepat.


(dnl/dnl)