Indonesia yang Rugi Jika Pembangunan Pabrik Foxconn Molor

Jakarta - Indonesia sangat ingin produsen komponen iPad dan iPhone asal Taiwan, Foxconn segera buka pabrik di dalam negeri. Pasalnya, semakin lama investasi itu tertunda, maka Indonesia yang semakin rugi.

"Kalau Foxconn molor terus masuk ke Indonesia, kan kita juga yang rugi," kata Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat, ketika ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (12/7/2013).


Dikatakan Hidayat, Indonesia rugi jika Foxconn tak kunjung bangun pabrik di Indonesia karena makin banyaknya ponsel-ponsel ilegal yang masuk.


"Sekarang ini HP (Handphone) yang anda pegang itu banyak kan yang ilegal. Ini potensi yang harusnya bisa kita percepat negosiasinya agar Foxconn segera masuk ke bangun pabrik disini," tandas Hidayat.


Prediksi awal, Foxconn diperkirakan akan memproduksi HP di Indonesia akhir tahun ini. Foxconn akan menggunakan lahan milik Agung Sedayu Grup di Jawa Barat seluas 50 hektar.


Foxconn akan memproduksi semua jenis gadget yang dibutuhkan pasar Indonesia. Secara bertahap produksi Foxconn akan membangun brand gadget Indonesia.


Dengan masuknya Foxconn ke Indonesia, maka ketergantungan impor HP Indonesia bisa ditekan. Harapannya dalam waktu kurang dari 10 tahun impor HP bisa ditekan serendah-rendahnya.


Foxconn Technology Group adalah perusahaan manufaktur yang berasal dari Taiwan yang memproduksi komponen-komponen elektronik untuk beberapa merek terkenal seperti Apple, Nokia dan lain-lain.


(rrd/ang)