Dahlan: Saya Minta PLN Jadi Pelopor Penggunaan Mobil Listrik

Jakarta - Persoalan BBM selalu menjadi masalah di tanah air, kenaikan harga BBM selalu menimbulkan keributan sejak zaman pemerintah Prsiden Soeharto sampai saat ini. Menteri BUMN Dahlan Iskan ingin menggenjot penggunaan mobil listrik.

"Setiap presiden selalu terbelit dengan masalah BBM, mulai zaman Soeharto, Ibu Mega, Gus Dur, dan SBY. Kalau mau naik (harga BBM) ribut minta ampun," ujar Dahlan saat mengunjungi pabrik baterai Nipress di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2013).


Untuk mengakhiri kisruh BBM yang berkelanjutan, Dahlan menawarkan penggunaan mobil listrik yang bahan bakarnya sudah disiapkan oleh PT PLN (persero).


"Saya akan minta BUMN yang menjadi pelopor penggunaan mobil listrik misalnya PLN. Masa perusahaan listrik (PLN) mobilnya pakai BBM. Pertamina harus mati itu seharusnya yang ada di dalam Pak Nur (Nur Pamudji Dirut PLN) walaupun saya membela keduanya. PLN harus melihat peluang ini sebagai pasar bukan beban," saran Dahlan.


Dengan besarnya potensi penggunaan mobil listrik, Dahlan bermimpi tahun depan ada ribuan mobil listrik yang diproduksi dan dijual. "Tahun depan harus ada 5.000 mobil listrik yang terbuat juga terjual," ujarnya.


(wij/dnl)