Gita Wirjawan Klaim Harga Daging Ayam dan Telur Mulai Turun

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengklaim harga daging ayam dan telur menunjukan tren turun dari sebelumnya tembus Rp 45.000 per ekor. Penurunan harga karena sejatinya stok kedua komoditi pangan ini sangat cukup untuk kebutuhan Puasa dan Lebaran.

"Untuk harga ayam sudah turun Rp 1.000-2.000. Harga telur juga seperti itu. Mereka (asosiasi peternak unggas) sudah memastikan kondisi ini akan berlangsung dan mereka menjamin cukupnya pasok selama bulan Ramadan," cetus Gita di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat (12/7/2013).


Menurut Gita, pergerakan harga ayam akan terus turun setelah Ramadan berakhir. Informasi ini didapat Gita dari para peternak ayam yang sudah hafal siklus harga daging ayam saat Puasa dan Lebaran.


"Mereka (peternak unggas) juga ada kekhawatiran setelah Ramadan harga ayam akan anjlok karena pasokannya lebih dari cukup. Nah ini harus kita lindungi juga untuk menjaga stabilitas harga," katanya.


Ia memastikan akan melindungi para peternak ayam jika harga ayam terus anjlok pasca Lebaran nanti. "Kalau tinggi diturunin, kalau rendah jangan terlalu rendah untuk menjamin kesejahteraan peternak," sahut Gita.


(wij/hen)