Harga Tembus Rp 65 Ribu/Kg, Cabai Setan Makin Seram

Semarang - Harga kebutuhan pokok seperti sayur mayur terus melonjak memasuki bulan Puasa. Salah satunya adalah harga cabai setan yang mencapai Rp 65 ribu per kilogram di Pasar Johar Semarang.

Padahal awalnya harga cabai setan hanya Rp 18 ribu per kilogram. Akibatnya, ibu-ibu rumah tangga harus menyiasati agar sambal mereka tetap pedas.


Salah satu pembeli di Pasar Johar, Endang (62) mengatakan kenaikan harga cabai tersebut berpengaruh kepada penjual sayuran yang biasa berjualan di sekitar rumahnya. Ia kesulitan mencari cabai setan karena pedagang tidak ada yang berani menjualnya.


"Pedagang sayur kecil di sekitar rumah tidak ada yang bawa cabai setan, katanya kemahalan," kata Endang di pasar Johar, Semarang, Kamis (11/7/2013).


Untuk membuat sambal kesukaan keluarganya, Endang mengantisipasi dengan membeli cabai setan yang belum matang atau masih hijau dengan harga yang lebih murah.


"Yang masih mentah bisa dapat Rp 40 ribu sekilo. Lumayan walaupun tidak sepedas cabai setan biasanya," ujarnya.


Sementara itu di pasar Johar Semarang, harga kebutuhan pokok yang terpantau naik adalah daging ayam dari Rp 25 ribu sekarang menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Kemudian bawang merah dari Rp 23 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.


"Untuk cabai setan pertama Rp 18 ribu kemudian Rp 23 ribu, Rp 29 ribu, Rp 45 ribu per kilogram terus Rp 65 ribu selama seminggu ini," kata salah satu pedagang, Lia (35).


Menurut Lia, tidak bisa diprediksi kenaikan harga tersebut akan berlanjut. Ia pun khawatir jika menjelang Lebaran harga-harga akan semakin meroket.


"Tidak tahu berapa naiknya. Harga yang sekarang saja sudah lebih tinggi dari harga waktu Lebaran kemarin," ujarnya.


(alg/hen)