Jalan Baru Trans Sumatera 2.700 Km Rampung Tahun 2020

Jakarta - Pengerjaan Jalan Baru Trans Sumatera atau yang dikenal dengan sebutan High Grade Highway (HGH) akan dikebut pemerintah. Proyek pengerjaan jalan baru sepanjang 2.700 km ini akan menghubungkan Provinsi Lampung hingga Banda Aceh.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mentargetkan pembangunan jalan baru 2.700 km rampung tahun 2020.


"Kita berharap tahun 2020 kita miliki jalan baru dengan lebih dari 2.700 km yang diberi nama High Grade Highway (HGH)," ujar Hatta usai rapat koordinasi di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (11/7/2013).


Jalan Baru Trans Sumatera ini nantinya tidak hanya menjadi jalan nasional, namun jalan internasional. Jalan ini dikatakan Hatta masuk dalam Masterplan ASEAN Community. Jalan ini mempunyai 23 ruas yang terhubung satu sama lainnya.


"Pembangunan 23 ruas mulai dari Aceh sampai lampung termasuk ruas Batam. Ini masuk dalam Masterplan ASEAN Community. Ini ruas jalan baru dengan kualitas standar internasional. Kita ingin percepat dengan menugaskan BUMN yang kita danai dan sudah ditetapkan dalam Keputusan Menteri, kemudian turunannya ke Perpres," katanya.


Namun untuk tahap awal, ada beberapa ruas yang segera akan dikerjakan karena proses pembebasan lahan telah rampung.


"Kita rapat untuk mendengarkan Menteri PU dan BUMN. Pokok yang penting, BUMN ditugaskan saham dikuasai oleh negara. Yang segera dimulai tahun ini. Ruas pertama yang sudah siap lahannya adalah Riau ke Dumai kemudian Kuala Namu, Lampung, dan Palembang. Ini lahan semua siap. Oktober atau September 2013 siap groundbreaking. Secara bertahap akan diteruskan ke 23 ruas tersebut," cetusnya.


(wij/dnl)