Ekspansi ke Myanmar, Semen Indonesia Jajaki 3 Mitra Lokal

Jakarta - BUMN produsen semen yakni PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berencana berekspansi ke Myanmar. Dalam waktu dekat, tim Semen Indonesia akan terbang ke Myanmar untuk mencari mitra lojak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto saat acara buka bersama di Kantor Pusat Semen Indonesia, East Tower, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (15/7/2013).


"Saya menjanjikan di semester dua proses kita untuk melakukan pendalaman terhadap calon partner dalam minggu-minggu ini. Besok akan ada tim ke sana untuk melakukan penjajakan. Sehingga nanti kita harapkan, kita akan menyelesaikan negosiasi di semester dua," kata Dwi.


Dikatakan Dwi, tedapat 3 perusahaan lokal Myanmar yang sedang dijajaki untuk menjadi mitra SMGR. Dua di antaranya adalah perusahaan swasta.


"Ada 2 swasta dan 1 ada join antara BUMN sama swasta. Boleh dikatakan 1 BUMN-lah. Yang paling sering gampang kita negosiasikan ke swasta. Nanti kita mayoritas (saham)," katanya.


Dwi mengungkapkan, nantinya perusahaan menargetkan mampu memproduksi 1-1,5 juta ton semen, yang akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan semen di sana.


"Jangka panjangnya Myanmar sendiri, tapi kita bisa integrasikan ke Bangladesh, Myanmar, dan Bangladesh itu dekat," katanya.


(zul/dnl)