Dahlan Iskan dan Bos Pertamina Panen Sorgum di Atambua

Atambua - Sejak kemarin hingga hari ini, Menteri BUMN Dahlan Iskan melakukan kunjungan kerja keliling sejumlah daerah di Indonesia. Pagi ini, Dahlan mengunjungi Atambua untuk melakukan panen raya sorgum dengan beberapa direksi BUMN.

Panen sorgum ini terjadi di lahan seluas 200 hektar yang ditanam oleh PT Pertamina (Persero) dan PT Askes. Panen perdana sorgum ini dihadiri Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan dan Direktur Utama Askes Fahmi Idris.


Sorgum ini, kata Dahlan, dapat mengantikan nasi, sorgum bisa menjadi bahan pangan pokok, dapat dibuat tepung yang bisa diolah menjadi kue, mi, dan roti.


"Jadi 200 hektare ini bisa mencukupi 1.000 lebih kebutuhan pangan rumah tangga di Atambua, orang Atambua tidak perlu lagi konsumsi nasi karena padi sulit tumbuh di Atambua, begitu juga jagung, sementara Sorgum dapat tumbuh subur," ujar Dahlan di sela panen sorgum di Atambua, Sabtu (24/8/2013).


Tidak hanya pangan, dari batang sorgum yang bisa diperas dan bisa dijadikan gula dan bioethanol. "Batang sorgum diperas airnya bisa menjadi dijadikan gula walau tidak semanis gula, bisa juga dijadikan bioethanol, dan bisa mencukupi kebutuhan bahan bakar 1.000 rumah tangga," ucap Dahlan.


Tidak hanya itu, batang perahan sorgum sendiri bisa dijadikan bahan pangan ternak. "Ampas ternaknya bisa untuk pangan ternak," kata Dahlan.


(rrd/dnl)