PT PP Resmi Buka Pabrik Beton Senilai Rp 60 Miliar di Cilegon

Jakarta - BUMN konstruksi, PT PP Tbk secara resmi membuka pabrik precast (beton pracetak) di Bojonegara, Cilegon, Banten. Pabrik ini berkapasitas 324.000 meter kubik/tahun.

Pabrik yang bernama PP Precast ini pertama kali dibangun pada 19 Desember 2012, memakan waktu pembangunan hanya 3,5 bulan. Sehingga PP Precast pertama kali bisa memproduksi tiang pancang pre cast (spun pile) pada 1 April 2013.


"Guna memenuhi kebutuhan akan produk precast, kami terus berupaya dan berkomitmen untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang tinggi," kata Direktur Utama PT PP Precast Bambang Triwibowo di Cilegon, Banten, Kamis (22/8/2013).


Pabrik ini merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu memproduksi tiang pancang bulat (spun pile) berdiameter 800 mm hingga 1200 mm dengan panjang hingga 36 meter tanpa sambungan.


"Pabrik ini juga memproduksi produk lain seperti tiang pancang kotak, dinding penahan tanah, girder dan produk custom lainnya," katanya.


Ia menjelaskan, investasi dari PT PP ini mencapai Rp 60 miliar.


"Investasi sekitar Rp 60 miliar, ini adalah wujud daripada bagaimana capex kita berguna untuk multiplier effect. Kalau digunakan untuk pabrik kan ini menyerap tenaga kerja. Ada warung, bengkel. Ini menambah ekonomi Indonesia bergerak," kata Bambang.


Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 2 hektar yang berlokasi di tepi pantai Salira, Cilegon Banten. Lokasi ini sangat strategis karena berada di tepi laut dengan kedalaman draft kurang lebih 5 meter, sehingga memungkinkan pengiriman produk melalui laut.


Peresmian ini pun dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN M Yasin, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, dan jajaran direksi dari PT PP.


(zul/hen)