Djokir Resmikan Jalan Lintas di Kampung Halaman Presiden SBY

Pacitan - Proyek Jalan Lintas Selatan (JLS) Pacitan, Jawa Timur diresmikan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto (Djokir) hari ini (22/8/2013). Proyek jalan yang melintasi kampung halaman Presiden SBY ini meliputi jalan sepanjang 30,91 Km Pacitan-Sidomulyo-Hadiwarno, termasuk beberapa jembatan.

Butuh empat tahun, mulai 2008 hingga 2012 untuk menyelesaikan jalan sepanjang itu. Harapannya dengan adanya jalan ini dapat meningkatkan konektivitas wilayah Pacitan dengan wilayah lainnya.


"Tujuannya guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto saat meresmikan Jalan Lintas Selatan (JLS) di Pacitan, Kamis (22/8/2013) siang.


Menteri kelahiran Boyolali, Jateng ini berharap keberadaan JLS diharapkan dapat meningkatkan arus transportasi di wilayah tersebut. "Selain itu akan ada banyak sektor yang memperoleh manfaat. Salah satunya bidang pariwisata," katanya.


Selain meresmikan infrastruktur JLS, Menteri PU secara simbolis juga meresmikan prasarana air bersih Maron, Kecamatan Pringkuku. Anggaran pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 50 liter per detik itu mencapai Rp 21,06 miliar.


Menurut Djoko, tahun 2013 Kementerian PU telah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur sebesar Rp 2,9 triliun. Selain untuk program penyelengaaraan jalan nasional kegiatan juga diarahkan untuk pengelolaan sumber daya air.


"Tahun 2014 (jumlahnya) lebih dari itu," tambahnya.


(hen/hen)