Sambut Lebaran, Dirut: Pegawai KAI Tidak Diperbolehkan Cuti

Jakarta - PT KAI (Persero) telah mempersiapkan 265 kereta api (KA) Reguler dan 40 KA tambahan lebaran yang dijalankan setiap harinya.

Diperkirakan pada tahun ini, jumlah pemudik yang menggunakan KA akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu yang sejumlah 2.9 juta orang.


Direktur Utama KAI, Ignasius Jonan, mengemukakan seperi tahun-tahun sebelumnya tugas utama dari PT KAI yang dibantu Kepolisian, TNI, dan relawan lainnya untuk mengamankan jalannya operasi lebaran.


"Saya minta kepada semua petugas, pengoperasian angkutan Lebaran tahun ini dapat berlangsung dengan aman dan tidak ada atau dihindari semaksimal mungkin gangguan keamanan baik di lingkungan Stasiun maupun di atas kereta api," ujar Jonan seperti dikutip Minggu (4/8/2013).


Menurut Jonan, tugas ini pada intinya sangat mulia, karena bisa membantu saudara-saudara yang merayakan Lebaran untuk dapat pulang kampung atau dapat melakukan perjalanan dengan aman dan selamat.


Dimulainya masa operasi angkutan Lebaran KAI, ditandai dengan apel kesiapan pasukan yang dilakukan di masing-masing daerah operasi (Daop). Pegawai KAI sendiri tidak diperbolehkan untuk cuti.


"Dan bagi pegawai KAI tidak diperbolehkan untuk mengambil cuti," tutup Jonan.


(dru/dru)