Ini CEO Baru Maybank Pengganti Sri Abdul Wahid yang Ditunjuk Jadi Menteri

Jakarta - Direksi Malayan Banking Berhad (Maybank) mengumumkan President dan Chief Executive Officer baru yakni Datuk Abdul Farid bin Alias.

Posisi CEO lowong setelah Dato’ Sri Adbul Wahid bin Omar mengundurkan diri pada 4 Juni 2013, untuk bergabung dengan Pemerintah Malaysia sebagai Menteri di kantor Perdana Menteri.


Datuk Farid yang kini berusia 45 tahun, sebelumnya menjabat sebagai wakil Presiden Maybank dan juga merangkap Head of Global Banking Business sejak Juli 2010.


"Saya gembira mengumumkan penunjukan Datuk Abdul Farid bin Alias sebagai Presiden dan CEO Maybank," kata Chairman Tan Sri Dato’ Megat Zaharuddin bin Megat Mohd Nor dalam siaran persnya, Minggu (4/8/2013).


"Datuk Farid memiliki pengetahuan industri perbankan yang luas di regional dan terbukti memiliki pengalaman sebagai eksekutif yang mumpuni di berbagai bidang bisnis," tambahnya.


Zaharuddin mengungkapkan Farid akan melanjutkan momentum baru di Grup Maybank dalam aspirasi grup menjadi pemimpin di sektor finansial di beberapa wilayah, seperti di kawasan ASEAN, meningkatkan strategi agenda regionalisasi, memperhatikan kawasan dengan peraturan yang makin ketat dan akan terus berusaha memberikan manfaat yang lebih besar kepada stakeholder dengan menerapkan misi humanising financial services.


"Penunjukan Datuk’ Farid diputuskan setelah melakukan analisis dan penilaian yang komprehensif terhadap calon-calon internal dan eksternal yang dipimpin Board Nomination & Remuneration Committee," lanjut Zaharuddin.


Farid, memulai karirnya di Grup Maybank pada 1992 setelah lulus dari Pennsylvania State University , Amerika 1991 dengan gelar sarjana akuntansi, dan mendapatkan gelar MBA di bidang Financial dari University of Denver, Amerika pada 1991. Ia juga telah menyelesaikan program Harvard Business School’s Advanced Management pada awal tahun ini.


Dalam perannya yang terakhir, Farid bertanggung jawab dalam memimpin inisiatif regionalisasi Grup di investment banking, corporate banking, transaction banking dan global markets, yang juga merangkap asset management business. Beliau bekerja selama delapan tahun dengan JP Morgan di divisi investment banking dari 1997 hingga 2003, dan ditugaskan di divisi equity capital market di Singapura pada 2001.


Direksi juga menyampaikan terima kasih kepada Encik Rafique Merican bin Mohd Wahiduddin Merican, sebagai Group Financial Officer yang telah bertanggung jawab menjadi Maybank’s Officer-in-Charge sejak 4 Juni 2013, pada saat Direksi melalukan proses pemilihan PCEO baru.


(dru/dru)