Industri Ungkap Ulah Trader Bikin Harga Gas Mahal

Jakarta -Pelaku industri mengeluhkan soal mahalnya harga gas bumi di dalam negeri. Salah satu penyebabnya karena mereka harus membeli gas bumi dari para pedagang atau trader.

"Industri kita sebagian besar dapat gas dari trader. Masalahnya trader ini beli gas dari trader lain, yang ujungnya ke kita harga gasnya mahal. Ini yang selama ini membebani industri dalam negeri," ujar Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIGB) Achmad Safiun di acara diskusi Outlook Gas 2015, Century Park Hotel, Senayan, Jakarta, Rabu (7/1/2015).


Ia mengatakan, saat ini banyak trader gas yang dapat alokasi gas namun tidak langsung menjual gasnya ke industri. Hal ini karena para trader tidak memiliki infrastruktur gas seperti jaringan pipa gas.


"Mereka hanya jualan kertas isinya alokasi gas ke trader-trader lain," katanya.


Safiun mengatakan industri pengguna gas berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa membenahi masalah persoalan gas.


"Kita perlu kebijakan agar energi umumnya dan gas bumi khususnya diperlakukan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi tidak sebagai komoditi pemunggut penerimaan negara," katanya.


Banyaknya aturan-aturan disektor minyak dan gas (Migas) yang dibuat namun menimbulkan celah bagi mafia migas masuk dan terus dibiarkan. Salah satunya terkait alokasi gas bumi.Next


(rrd/hen)