Bangun Gedung Tertinggi di RI, Sahid Group Kucurkan Rp 1,5 Triliun

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan gedung tertinggi di Indonesia yakni Gedung Sahid Sudirman Center, yang berdiri di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Untuk membangun gedung ini menghabiskan dana Rp 1,5 triliun.

Vice President Sahid Group Haryadi Sukamdani mengatakan, butuh investasi cukup besar membangun gedung ini dengan 52 lantai.


"Kalau di sini (Sahid Sudirman Center) investasi Rp 1,5 triliun, itu bangunan saja secara total," katanya saat ditemui di Gedung Sahid Sudirman Center, Jakarta, Sabtu (14/03/2015).


Dana Rp 1,5 triliun hanya digunakan untuk membangun gedung setinggi 233,6 meter (sebelumnya ditulis 225 meter). Nilai investasi itu belum termasuk tanah 1 hektar yang nilainya juga cukup tinggi.


"Harga tanah bergerak terus. Tanah sekitar sini harganya Rp 120 juta per meter. Jadi tinggal hitung saja," imbuhnya.


Haryadi menjelaskan, pembangunan fisik gedung Sahid Sudirman Center telah selesai hingga titik tertinggi pada lantai teratas. Saat ini Sahid Sudirman Center dipercaya sebagai single building perkantoran terbesar, terluas, dan tertinggi di Indonesia yang merupakan hasil kerjasama (KSO) antara Sahid Group, bersama Pikko Group, dan Tan Kian Konsorsium yaitu, KSO Sahid Megatama Karya Gemilang.


Sahid Sudirman Center dibangun di atas lahan seluas 1 hektar, memiliki 52 lantai struktur terdiri dari 5 lapis lantai parkir di bawah tanah, 7 lapis lantai parkir di atas tanah, 45 lapis lantai di atas tanah, ditunjang dengan 22 lift penumpang, 3 lift parkir, 2 lift service dan 1 lift executive.


Menggunakan air condition dengan VRV system, toilet VIP ditiap lantai, selain itu memiliki ratio parkir yang tergolong baik yaitu 1:90 meter persegi yang dapat menampung 1.500 parkir kendaraan, dan dilengkapi dengan broadband serta 3 play fiber optic.


Pelaksanaan pemancangan tiang pertama pembangunan Sahid Sudirman Center dilaksanakan pada 14 Maret 2012. Luas bangunan Sahid Sudirman City adalah 206.000 meter persegi dengan 132.000 meter persegi bangunan office dan sisanya digunakan sebagai fasilitas pendukung dan parkir. Kalau lapisnya 52 lapis atas dan 4 lapis ke bawah. Naik lift sampai lantai 59.


"Kita itu joint operation KSO antara Sahid Group bersama Pikko Group dan Tan Kian Konsorsium yaitu KSO Sahid Megatama Karya Gemilang. Ini untuk perkantoran saja dilengkapi dengan restoran di lantai 59," jelasnya.


(wij/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com