Ngeeeng! Ini Gaya Blusukan Bos PLN di Calon Lokasi PLTU Terbesar ASEAN

Batang -Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir tak membuang waktu dalam kunjungan kerja di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Setelah selesai berdiskusi dengan warga, mantan Dirut Bank BRI ini langsung blusukan ke rumah-rumah warga di sekitar calon lokasi PLTU Batang 2x1.000 MW.

Sofyan melakukan kunjungan langsung dari pintu ke pintu rumah warga di Batang. Sofyan ingin berbicara langsung dengan warga yang masih menolak pembangunan PLTU Batang yang digadang-gadang yang terbesar di ASEAN. Ia ingin, kunjungannya kali ini memberikan hasil yang tuntas.


"Saya mau ke rumah-rumah warga. Antar saya pakai motor (sepeda motor)," seru Sofyan kepada‎ Kepala Desa Karanggeneng Sawal Waluyon‎o di Kantor Desa Karanggeneng, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2015).


Dalam blusukannya ini Sofyan pun meminta agar tak banyak pihak terlibat. Permintaannya ini dimaksudkan agar warga yang dikunjungi tidak merasa terancam. Sofyan dan beberapa orang pejabat Pemda dan PLN pun lantas berkeliling pakai sepeda motor, dengan dibonceng.


"5 orang-5 orang lah. Yang lain jangan ikut. Saya saja dengan bapak (dengan Pak lurah). Bapak dengan saya saja boncengan naik motor‎," kata Sofyan.


Keinginan Sofyan telah diungkapkan sejak pagi ketika dirinya baru mendarat di Bandara Semarang. Namun, Lurah Karanggeneng menyarankan agar kunjungan dilakukan siang hari mengingat di pagi hari para warga umumnya masih beraktivitas di luar rumah.


Mayoritas warga di Desa Karanggeneng bekerja sebagai buruh tani yang bekerja di sawah. "Oh bisa saja pak. Tapi kalau tadi (sekitar pukul 9.30) mereka (warga) sedang di sawah," tutur Sawal.


Tak diketahui jumlah warga yang dikunjungi Sofyan, karena orang nomor satu di PLN ini tak memperkenankan siapapun mengikutinya. Ia menuturkan bahwa masukan yang diperoleh dari hasil diskusi akan dijadikan bahan evaluasi dalam bernegosiasi dengan warga agar mau secara sukarela melepas tanahnya untuk pembangunan PLTU Batang.


(dna/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com