Apel Impor AS Berbakteri, Kemendag Imbau Konsumen Beli Buah Lokal

Jakarta -Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (Ditjen SPK) Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati mengkonsumsi produk-produk impor. Terutama buah-buah apel impor karena terbukti mengandung bakteri, seperti yang terjadi pada apel impor asal California, AS.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (Dirjen SPK) Kemendag Widodo menyebutkan, salah satu produk impor yang berbahaya adalah apel asal California. Apel ini mengandung bakteri Listeria monocytogenes yang bisa menyebabkan keguguran bila dikonsumsi ibu hamil, bahkan kematian.


"Apel itu mengandung bakteri lesteria, itu ibu hamil bisa keguguran kalau dikonsumsi," katanya di acara seminar Hari Konsumen Nasional 2015 dengan tema Bersama Membangun Gizi Menuju Konsumen Cerdas dan Mandiri, di Gedung RRI, Jakarta, Minggu (15/3/2015).


Widodo menjelaskan, pihaknya mengimbau masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi produk-produk dalam negeri. Pasalnya, produk-produk impor tidak menjamin kualitasnya lebih baik atau keamanannya terjaga daripada buah lokal.


"Seperti peredaran impor apel California, maka itu tadi saya katakan untuk konsumsi produk dalam negeri, produk luar nggak tentu bagus, ada jeruk kita nonton di Youtube itu banyak, jeruk impor pas dibuka uletnya bergerak-gerak, karena perjalanan terlalu jauh, itu juga mempengaruhi kesehatan kita, jangan hanya melihat murah akhirnya kita tidak sehat, berobat jatuhnya lebih mahal," terang Widodo.


Akhir Januari 2015, Barantan Kementan berhasil menggagalkan masuknya 2 kontainer berisi buah apel impor dari Amerika Serikat (AS) jenis granny smith dan gala, yang positif mengandung bakteri mematikan, Listeria monocytogenes. Sedangkan 2 kontainer lainnya dinyatakan negatif mengandung bakteri Listeria.


(drk/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com