Menhub Jonan Ingin Semua Bandara RI Bisa Didarati Pesawat Hercules

Belitung -‎Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyempatkan diri menghadiri Rakernas Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) 2015 di Kabupaten Belitung, setelah melakukan kunjungan kerja di provinsi Bengkulu.

Dalam pemaparannya di hadapan ratusan alumni, Jonan menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur Indonesia akan dikonsentrasikan di kawasan tertinggal dan perbatasan terluar indonesia.


"Apa yang dikerjakan itu, yang kurang harus dilengkapi dulu. Misalnya airport, kalau bisa semua bandara di Indonesia harus bisa didarati oleh Hercules C 130‎, karena saat ini banyak yang tidak bisa," jelas Jonan di Balroom Hotel Aston Belitung, Sabtu (14/3/2015).


Dengan bisa didarati Hercules C 130, artinya landasan pacu pesawat (runway) yang besar dan panjang. Walaupun sudah ada beberapa bandara di Indonesia yang ‎sudah memiliki fasilitas bagus, namun sebagian besar bandara yang beroperasi masih dirasa kurang memadai. Hal tersebut sedang menjadi perhatian Kementerian Perhubungan.


"Jumlah bandara yang beroperasi di Indonesia saat ini ada 237 bandara, yang dikelola AP I ada 13, yang dikelola AP II ada 13. Sementara jumlah pelabuhan di Indonesia sebanyak 1.246," ungkapnya.


Walaupun begitu, saat ini fokus Kemenhub adalah daerah kawasan bencana dan perbatasan. Hal itu dilaksanakan sesuai instruksi dan arahan dari Presiden Joko Widodo.


"Saat ini fokus kita pembangunan sea-port dan airport itu di kawasan bencana dan perbatasan terluar. Contohnya saat ini Trans Sulawesi akan diteruskan, dibangun dari Makasar hingga Manado," kata Jonan.Next


(rni/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com