Selain Batu Akik, Ini Dia Batuan Paling Keras dan Termahal

Jakarta -Fenomena booming batu akik sedang melanda Indonesia, bahkan harga satu batu akik bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, ada jenis batuan mineral yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan batu akik.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengungkapkan, secara umum harga batuan mineral yang paling mahal di dunia adalah intan.


"Sebenarnya batuan paling mahal itu intan, harganya sangat mahal, dan harganya juga ada standarnya, ada patokannya, ada ahli yang tersertifikasi untuk menilai harga intan," ujar Surono kepada detikFinance, Rabu (11/3/2015).


Surono mengungkapkan, intan harganya mahal, karena terbentuk pada lapisan pertama dari magma cair yang naik kepermukaan tanah dari proses erupsi magma. Tekanan yang sangat tinggi, dan panas lebih dari 1.300 derajat celsius menjadi pemicu terbentuknya intan. Apalagi kedalamannya di bawah tanah mencapai 160 km.


Sedangkan untuk batu akik, terbentuk dari proses hidrotermal atau pendinginan magma yang bergerak ke permukaan bumi secara vulkanik melalui rekahan, dengan suhu dan tekanan yang lebih rendah daripada proses pembentukan intan.


"Tidak mudah cari intan di bawah tanah, ditemukan di kedalaman 160 km lebih. lapisan batu intan sangat keras, makanya harganya mahal sekali per karatnya," ujar Surono.


Sebagai batuan mineral paling keras, intan biasanya dipakai untuk mata bor minyak dan gas bumi. Mata bor dari intan dapat menembus lapisan tanah paling keras sekalipun.Next


(rrd/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com