Pelabuhan Domestik dan Internasional Batam, Jonan: Kok Beda Banget?

Batam -Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan pagi ini meninjau pelabuhan penyeberangan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Jonan kaget dan terheran-heran melihat kondisi dari pelabuhan tersebut.

Ada dua bangunan utama di kompleks pelabuhan ferry yang terletak di Jalan RE Martadinata, Batam, Kepulauan Riau. Satu bangunan pelabuhan penyeberangan domestik, dan satu lagi internasional.


Jonan beserta rombongan, yang juga didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, begitu tiba langsung menuju pelabuhan penyeberangan domestik. Di sana, Jonan melihat-lihat dan melakukan peninjauan terhadap kapal-kapal yang ada di sana.


Jika dilihat dari luar, kondisi pelabuhan itu tak terlalu mentereng. Kondisi bangunan yang tampak tak terurus, cat yang sudah pudar serta lantai kotor membuat pemandangan di pelabuhan ini tak terlalu elok. Belum lagi parkir kendaraan yang tak tertata rapi.


Ruang tunggu di pelabuhan domestik ini hanya terdiri dari beberapa baris kursi besi. Segelintir penumpang tengah menunggu kapal di tengah hawa ruangan yang cukup membuat berkeringat. Di terminal domestik ini pun hanya ada kantin-kantin kecil yang menjual masakan, minuman dan sejenisnya.


Kondisi jauh berbeda ada di pelabuhan internasional, tepat di sebelah pelabuhan domestik. Sekitar 20-30 menit menghabiskan waktu di pelabuhan domesti‎k tadi, Jonan bergeser ke pelabuhan internasional. Jonan seperti sangat kaget melihat kondisi yang sangat jomplang.


"Kok beda banget?" heran Jonan kaget ketika melihat pelabuhan tersebut, Jumat (13/3/2015).Next





(zul/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com