Jomplangnya Terminal Domestik dan Internasional Pelabuhan Batam

Batam -Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan hari ini blusukan ke Pelabuhan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Jonan pun terkaget-kaget melihat situasi di pelabuhan tersebut. Kenapa ya?

Dari pantauan detikFinance, Jumat (13/3/2015), dua terminal yang ada di pelabuhan tersebut, yaitu terminal domestik dan internasional, kondisinya jauh berbeda.


Gedung pelabuhan domestik kondisinya mirip terminal bus. Jika dilihat dari luar, kondisi pelabuhan itu memang tak terlalu mentereng.


Kondisi bangunan yang tampak tak terurus, cat yang sudah pudar serta lantai kotor membuat pemandangan di pelabuhan ini tidak elok. Belum lagi parkir kendaraan yang tak tertata rapi.


Ruang tunggu di pelabuhan domestik ini hanya terdiri dari beberapa baris kursi besi. Segelintir penumpang tengah menunggu kapal di tengah hawa ruangan yang dengan mudah membuat orang berkeringat.


Di terminal domestik ini pun hanya ada kantin-kantin kecil yang menjual masakan, minuman dan sejenisnya. Kondisi yang lazim ditemukan di terminal bus pinggiran kota.


Pemandangan yang berbeda bisa terlihat hanya dengan berjalan kaki ke gedung sebelah yang merupakan pelabuhan internasional. Bisa dibilang, kalau pelabuhan domestik seperti terminal bus, nah pelabuhan internasional layaknya terminal bandara.


Begitu masuk ke ruangan, hawa dingin penyejuk ruangan sudah terasa. Gedung ini pun terdiri dari dua lantai, dilengkapi ruang tunggu yang sejuk dan nyaman.


Area parkir di pelabuhan internasional yang melayani penyeberangan ke Singapura ini pun tertata rapi. Bangunan gedung tampak modern, jauh berbeda dengan terminal domestik.




Terminal Internasional Pelabuhan Sekupang, Batam (Foto Zulfi/detikFinance)


Lapangan Parkir Pelabuhan Sekupang, Batam (Foto Zulfi/detikFinance)




(ang/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com