Kejar Target 1,2 Juta Penumpang, KCJ Tambah Kereta dan Jadwal Perjalanan

Jakarta -PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) selaku operator KRL Jabodetabek memiliki target mampu membawa 1,2 juta penumpang yang berdomisili di daerah sub-urban atau pinggiran Jakarta.

Saat ini, tercatat sebanyak 760.000 warga DKI Jakarta dan sekitarnya memanfaatkan moda transportasi massal berbasis rel tersebut setiap harinya. Angka ini terus merangkak naik.


KCJ punya beberapa strategi untuk mendorong masyarakat agar menggunakan trasportasi massal ini. Strategi pertama ialah menambah armada dan perjalanan kereta.


Setiap tahun, KCJ medatangkan 100-150 armada kereta eks Jepang mendukung perjalanan kereta. Tidak hanya itu, PT KCJ akan menaikkan frekuensi perjalanan kereta.


"Sekarang perjalanan kereta sampai 857 per hari. Tahun 2019 kita naikkan 2 kali lipat," kata Direktur Utama PT KCJ M. Fadhil kepada detikFinance (1/4/2015).


Selain menambah perjalanan dan armada, KCJ akan mempersingkat jarak antar kereta atau head way. Artinya jumlah penumpang yang menunggu di stasiun makin cepat terangkut karena kedatangan kereta semakin cepat.


"Dengan target 1,2 juta penumpang per hari. Nanti setiap 2 menit sekali kali bisa ada kereta. Misal kereta tujuan Bogor saat ini jarak antar kereta 5 menit nanti bisa 2 menit," ujarnya.Next





(feb/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com