Pasok Layar Untuk Apple, Ini Wanita Terkaya di China

Jakarta -Nasib Zhou Qunfei cukup beruntung, perusahaan miliknya, yakni Lens Technology merupakan pemasok layar untuk produk gadget Apple. Pada 18 Maret lalu, saham Lens memulai debutnya di bursa Shenzen dan naik tinggi. Zhou langsung menjadi wanita terkaya di China.

Zhou memegang 592 juta lembar saham Lens senilai US$ 7,4 miliar atau sekitar Rp 96 triliun. Jumlah ini mengalahkan wanita bos real estate China, Chan Laiwa, yang hartanya US$ 7,1 miliar.


Dilansir dari Forbes, Kamis (2/4/2015), sejak debutnya di bursa saham pada 18 Maret hingga 31 Maret, saham Lens naik 4%.


Karena kekayaannya, Zhou juga masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Jumlah miliuner di China memang terus tumbuh, seiring dengan naiknya kelas negeri tirai bambu ini di kancah perekonomian global. Pada daftar orang terkaya dunia versi Forbes, jumlah miliuner China yang masuk mencapai 213 orang.


Zhou merupakan wanita yang dilahirkan dari keluarga miskin di provinsi Hunan. Zhou meninggalkan kampung halamannya, untuk bekerja pada sebuah pabrik di kota kapitalis, Shenzen. Di kota tersebut, Zhou mendirikan bisnis kaca, dan berkembang menjadi Lens Technology.


Lens mempekerjakan lebih dari 60 ribu pegawai. Tahun lalu, omzet perusahaan ini mencapau US$ 2,3 miliar, atau Rp 30 triliun. Ini naik 8,6%. Perusahaan tersebut merupakan pemasok untuk Apple dan Samsung, serta perusahaan elektronik lainnya.


Wanita berumur 44 tahun, beserta suaminya Zheng, memiliki 99,1% saham Lens, sebelum menjual sebagian sahamnya ke publik lewat bursa. IPO (Initial Public Offering) yang dilakukan Lens menghasilkan US$ 283 juta atau Rp 3,6 triliun.


(dnl/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com