Ini Dia BUMN yang Pelayanannya Meningkat di Mata Dahlan Iskan

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memiliki penilaian khusus kepada BUMN yang memberikan layanan prima selama arus mudik Lebaran kepada masyarakat.

Berapa besar skor yang diberikan Dahlan kepada BUMN untuk tahun 2013 ini? Pada urutan pertama, Dahlan memuji peningkatan pelayanan yang diberikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).


BUMN operator pelabuhan dan kapal penyeberangan ini dinilainya berhasil menyelenggarakan pelayanan pada musim mudik tahun 2013.


"ASDP hebat, tahun lalu dapet pujian dari banyak pihak termasuk dari lembaga konsumen. Tahun ini lebih bagus lagi. Tahun lalu (skor) 7 sekarang 7,5," ucap Dahlan saat berbincang dengan detikFinance di Pacific Place Jakarta seperti dikutip Senin (12/8/2013).


Bagaimana dengan layanan kereta api? Dahlan pun memberi pujian yang tak kalah hebat kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero).

"Kereta api juga tahun ini lebih bagus lagi. Kalau Kereta Api dulu (skor tahun 2012) 7,5 sekarang 8," jelasnya.


Hal senada juga diberikan kepada BUMN pengelola bandara, PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero). Namun mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) ini tidak menyebutkan skor kepada AP I dan AP II. "Angkasa Pura oke," tambahnya.


Penilaian postif juga diberikan kepada BUMN pengelola lalu lintas udara, Perum Navigasi. BUMN yang belum genap berusia 1 tahun ini dinilai Dahlan memiliki kinerja baik dalam mengatur lalu lintas pesawat.


"Kalau dulu 5 sekarang sudah 7,5. Loncatan luar biasa ini karena lebih fokus ditangani Perum Navigasi. Karyawan lebih bangga karena punya organisasi sendiri juga karyawan lebih tanggung jawab karena kita nggak bisa lagi menyalahkan orang lain," ujarnya.


Namun penilaian berbeda diberikan kepada maskapai pelat merah, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Menurutnya Garuda masih kurang cepat melakukan penanganan bagasi penumpang setelah turun dari pesawat. Hal ini membuat dirinya menerima keluhan dari para penumpang Garuda.


"Garuda yang cukup bagus tapi handling bagasinya kedodoran mungkin handling bagasinya kurang orang jadi lamanya luar biasa. Itu teman-teman saya mengalami. Itu ada SMS. Skor Garuda untuk ontime 6,5 dari segi bagasi nilainya 6," tegasnya.


(feb/hen)