Soal Tender Minyak di Hulu, Jero Wacik: Tanya ke Kepala SKK Migas

Jakarta - Ketua Komisi Pengawas SKK Migas dan Menteri ESDM Jero Wacik saat ditanya proses tender di hulu Migas yang diduga ada kartel minyak hanya melemparkan ke bawahannya.

Mantan menteri pariwisata tersebut menyerahkan ke kepada Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) yang baru, Johannes Widjonarko.


Apakah tender minyak mentah di SKK Migas juga diawasi Komisi Pengawas SKK Migas?


"Tender mereka (SKK Migas) yang jumlah sekian itu di dia (SKK Migas)," ucap Jero Wacik ditemui usai melantik Pejabat Eselon I dan II Kementerian ESDM, Kamis (15/8/2013).


Ketika ditanya kembali bagaimana proses tender di hulu migas, Jero Wacik mengelak.


"Tanya ke Pak Widjo, Pak Widjo (Pjs Kepala SKK Migas, Johannes Widjonarko)," tandas Jero.


Seperti diketahui, Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini diciduk KPK karena diduga menerima suap dari salah satu pengurus atau pejabat di Kernel Oil Ltd perusahaan trader minyak asal Singapura.


Kernel Oil sendiri merupakan salah satu dari sekitar 40 trader yang teregistrasi di SKK Migas sebagai perusahaan trader yang bisa mengikuti tender penjualan minyak mentah.


SKK Migas merupakan lembaga yang mempunyai menentukan perusahaan trader bisa ikut proses tender atau sebaliknya, SKK Migas juga dalam menentukan pemenang tender adalah trader yang menawar paling tinggi ICP + Premium.


(rrd/hen)