Runway Bandara Soekarno-Hatta Diperkuat Agar Bisa Didarati Pesawat Airbus 380

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan menugaskan BUMN Karya untuk membantu melakukan kajian dan pekerjaan kontruksi untuk memperkuat landasan pacu atau runway Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Langkah ini dilakukan agar runway Bandara Soetta bisa didarati pesawat super jumbo sekelas Airbus 380 dengan bobot penuh.


"Jadi kita lagi tugaskan BUMN Karya untuk memperkuat landasan Bandara Soekarno Hatta, yang cepat tanpa mengganggu landasan untuk landing dan

take off," ucap Menteri BUMN Dahlan Iskan saat ditemui di kantor pusat Pelindo II, Jakarta Utara, Kamis (15/8/2013).


Dahlan mengatakan selain memperkuat landasan, nantinya bagian kanan dan kiri landasan atau enam meter dari sayap akan dikeraskan sehingga

bisa mendukung operasional pesawat berbadan berbadan besar.


"Jadi saya minta dikaji, direncanakan agar landasan tersebut bisa didarati Airbus 380 sekalian. Jadi tujuannya bukan untuk mencari jalan keluar Garuda," kata Dahlan.


Dahlan menjelaskan perlunya memperkuat runway Bandara Soetta karena saat ini frekuensi take off dan landing pesawat naik dari 60 kali per jam ke 69 kali per jam setelah terbentuknya Perum Navigasi awal 2013. Untuk program penguatan runway ini, pendanaan akan diambil dari belanja investasi PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola bandara Soetta.


"Sore ini diputuskan, yang memutuskan itu PT Angkasa Pura II atas guidance (arah) dari kami," tegasnya.


(feb/hen)