Bos Pertamina: Petral Sekarang Tak Ikut Tender di Dalam Negeri

Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan menegaskan, anak usahanya PT Pertamina Energy Trading (Petral) sudah tidak lagi ikut tender minyak mentah yang dilakukan di SKK Migas.

"Kalau Petral kan nggak ada lelang sekarang untuk domestik. Kan semenjak ada peraturan Pak Presiden, kita selalu beli (minyak) dari NOC (Nasional Oil Company), langsung ke pemiliknya, yang langsung memiliki aset hulu. Jadi kita nggak ikut lelang," ujar Karen ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Kamis (15/8/2013).


Dikatakan Karen, Petral sudah sejak 2012 sudah tidak lagi ikut lelang.


"Sebetulnya sejak ada instruksi pada 2012 dari Presiden, kita mulai perbaiki sedikit demi sedikit karena kan harus bikin kontrak longterm, tapi sekarang sudah nol, semua sudah dari NOC dan IOC semua," ucapnya.


Lalu bagaimana Petral menjual minyak mentah di luar negeri, minyak dari mana?


"Jadi begini, Petral itu dibagi dua, 1 untuk kebutuhan domestik, semua harus dari NOC atau IOC. Kedua kalau Petral menjadi trader untuk negara di luar Indonesia, dia boleh ikut tender ke mana saja, jadi dibagi dua, kalau domestik sudah nggak ada lagi tender," tandasnya.


Soal tender di sektor hulu migas menjadi pembicaraan terkait dugaan suap yang melibatkan mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini dan perusahaan trader minyak asal Singapura, Kernel Oil.


(rrd/hen)