CIMB Niaga Telah Salurkan KTA Hingga Rp 1,3 Triliun

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) semakin rajin menyalurkan kredit tanpa agunan (KTA) atau personal loan.

Melalui produknya yang bernama X-Tra Dana, per 30 Juni 2013, CIMB Niaga telah mengucurkan kredit personal loan sebesar Rp 1,30 triliun, meningkat 71% dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun 2012 sebesar Rp 762 miliar.


Angka pertumbuhan ini menjadi salah satu yang tertinggi diantara bisnis CIMB Niaga di semester I tahun 2013.


Head of Consumer Lending CIMB Niaga Tony Tardjo, mengungkapkan personal loan CIMB Niaga membidik pasar pekerja kantoran dengan kisaran usia 35-40 tahun sebagai pasar utama, dan juga masyarakat dengan penggunaan internet rata-rata 45-60 jam per bulannya.


"Selain itu kami juga membidik nasabah existing. Pertimbangannya karena mereka telah memahami produk serta layanan CIMB Niaga, dan juga track recordnya sudah jelas, sehingga lebih mudah untuk memasarkan personal loan ke mereka," jelas Tony dalam siaran persnya, Minggu (18/8/2013).


Menurut Tony, saat ini penetrasi personal loan CIMB Niaga banyak terpusat di area Jabodetabek serta kota-kota besar lainnya di Jawa, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Dari semua area tersebut, Jabodetabek masih memberikan kontribusi terbesar terhadap penyaluran kredit personal loan CIMB Niaga sebesar 60%, sisanya tersebar di area-area lainnya.


Personal loan CIMB Niaga, lanjut Tony, memberikan pinjaman hingga maksimal Rp 200 juta dengan jangka waktu 60 bulan. Proses persetujuannya pun relatif cepat, sekitar 3 hari kerja.


"Bahkan saat ini kami telah mengembangkan pilot project untuk proses persetujuan 1 hari kerja di 20 kantor cabang CIMB Niaga di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta," kata Tony.


Menurut Tony, proses persetujuan 1 hari kerja ini berlaku untuk nasabah existing, namun tidak tertutup kemungkinan di tahun 2013 ini, proses persetujuan 1 hari kerja juga akan diterapkan ke nasabah baru, dan jumlah kantor cabang yang dikembangkan juga akan bertambah.


"Nasabah personal loan umumnya adalah masyarakat yang membutuhkan dana tunai dalam waktu yang relatif cepat, dan dapat dipergunakan untuk beragam kegunaan. Apa yang kami terapkan ini adalah komitmen kami untuk selalu memberikan yang terbaik kepada nasabah setia kami," jelas Tony.


Tony masih optimistis dengan pertumbuhan personal loan CIMB Niaga. Selain menjadi tren gaya hidup di masyarakat, Personal loan masih menjadi pilihan masyarakat, saat kebutuhan akan dana tunai sewaktu-waktu datang mendadak.


(dru/dru)