Pemerintah Klaim Dana 'Balsem' Kompensasi Kenaikan BBM Sudah Cair 98%

Jakarta - Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (Balsem) sebagai kompensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Juni lalu, hampir seluruhnya disalurkan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat penyaluran sudah terjadi 98% dari total 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS).

"BLSM (Balsem) untuk tahap pertama sudah uangnya dibayarkan 98%. Sisanya 2% kan tinggal sedikit," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana usai agenda halal bi halal di kantornya, Jakarta, Kamis (15/8/2013)


Menurutnya, sisa tersebut masih ada permasalahan pada database dan kartu Balsem. Ia menyatakan hal tersebut akan selesai dalam waktu dekat karena desa-desa terkait sudah memiliki keputusan.


"Sekarang proses pemuktahiran database termasuk kartu. Jadi ada beberapa kartu dan nama-namanya diganti. Itu disesuaikan dengan musyawarah desa," ujar Armida.


Ia mengatakan, tahap pertama penyaluran balsem memang sedikit menyulitkan. Apalagi dalam teknis database, kartu dan penyalurannya tersendiri.


"Kendala, masalah database dan kesiapan di lapangan. Itu saja yang paling berat. Tapi itu kan yang pertama. Kita evaluasi terus," sebutnya.


September mendatang, Armida mengatakan peyaluran balsem tahap II segera dilakukan. Ia mengaku siap dengan meminimalkan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada tahap I.


"Nanti yang tahap II sudah disiapkan Mudah-mudahan cepat tersalurkan dan tidak butuh waktu yang lama," kata Armida.


(hen/hen)