2 Negara Ini Masih Jadi Pemborong Emas Terbesar di Dunia

Mumbai - Pembelian emas dunia sepanjang kuartal II-2013 (April-Juni) turun ke tingkat terendah dalam 4 tahun. Namun dua negara ini masih membeli emas dalam jumlah besar, dan merajai pembelian emas dunia. Siapa saja?

Data World Gold Council (WGC) yang dikutip dari AFP, Jumat (16/8/2013), dua negara yang menjadi pembeli emas terbesar di dunia adalah India dan China.


India yang menjadi pembeli emas terbesar nomor satu di dunia, sepanjang kuartal II-2013 memborong 310 ton emas. Angka ini naik 71% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bahkan pembelian emas di India mencapai tingkat tertinggi dalam satu dekade ini. Langkah pemerintah India meningkatkan tarif bea masuk emas impor untuk menahan pembelian emas masyarakatnya, ternyata tidak berpengaruh


Negara pemborong emas terbesar kedua di dunia adalah China. Pembelian dari negara tirai bambu ini sepanjang kuartal II-2013 naik 87% menjadi 257,5 ton. Pembelian besar-besaran ini dilakukan masyarakat kedua negara saat harga emas sedang murah.


India dan China mendominasi pembelian emas di dunia, sebanyak 60% pembelian emas perhiasan di dunia dikuasai oleh kedua negara ini.


Pembelian emas oleh masyarakat India yang sangat tinggi membuat neraca perdagangan negara hindustan ini terus defisit, akibat tingginya angka impor emas, yang membuat nilai tukar rupee terhadap dolar AS anjlok.


Emas memang sangat populer di India, khususnya saat festival hari raya keagamaan dan musim kawin. Selain minyak, emas menjadi kontributor defisit neraca perdagangan di India.


(dnl/ang)