Ini Pihak-pihak yang Mendapat Berkah dari Pelemahan Rupiah

Jakarta - Dolar AS terus menguat menuju Rp 11.000 saat ini, pemerintah dan pelaku usaha khususnya importir tertekan dengan kondisi ini. Namun ada pihak yang mendapat berkah dari pelemahan rupiah ini.

Chief Economist & Director for Investor Relation PT Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat mengatakan, masyarakat di Indonesia Timur yang aktif mengekspor berbagai komoditas seperti karet, sawit (CPO), serta batubara, mendapatkan berkah dari penguatan dolar AS ini.


Menurut Budi, masyarakat timur Indonesia senang dengan melemahnya rupiah. Karena bila dolar menguat, justru nilai ekspor semakin tinggi yang artinya bisa memperbaiki lemahnya ekspor di Indonesia.


"Indonesia Timur lebih suka rupiah melemah. Indonesia Timur menganggap ini bukan krisis moneter, tapi berkah moneter. Bisa jual karet, CPO, batubara dengan nilai ekspornya lebih tinggi," kata Budi saat ditemui di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (21/8/2013).


Dia menyebutkan, masyarakat di Indonesia Timur menyebut pelemahan rupiah sebagai obat yang mampu memberikan kemakmuran bagi wilayahnya. "Pelemahan rupiah itu obat bagi mereka, coba bayangin kalau rupiah sampai Rp 15 ribu, siapa yang untung? Ya mereka itu," ujarnya.


Budi menjelaskan, sebenarnya pelemahan ekonomi di Indonesia sudah terjadi sejak lama sebelum pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.


"Inflasi sudah terasa di Palembang sebelum BBM dinaikkan, ekonomi sudah melemah. Dalam 10 tahun terakhir rata-rata kenaikan inflasi 7,2%. Target kita inflasi akan mencapai puncaknya di angka 9,2%," kata Budi.


(drk/dnl)