Bila Jokowi-Ahok Sukses Hapus Subsidi BBM di DKI, Negara Hemat Banyak

Jakarta -Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghapus subsidi BBM mendapat dukungan dari berbagai pihak. Kementerian Keuangan adalah salah satu instansi yang mendukung rencana tersebut. Kenapa?

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, usulan Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Basuki T. Purnama (Ahok) ini mampu untuk menghemat anggaran negara. Karena diketahui, tahun ini anggaran yang dikeluarkan untuk membayar subsidi BBM mencapai Rp 250 triliun.


"Pasti dong menghemat anggaran kan," ungkap Askolani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/12/2013)


Askolani menilai penghematan anggaran akan signifikan nantinya. Apalagi mengingat konsumsi BBM wilayah Jakarta sangat tinggi. Dibandingkan dengan daerah lainnya.


"Signifikan, kalau DKI itu signifikan. Berapanya kan belum tahu. Tapi pasti signifikan, karena konsumsinya tinggi," jelasnya.


Sebelumnya Pertamina mencatat dalam sehari konsumsi BBM subsidi di Jakarta mencapai 9 juta liter per hari, terdiri dari BBM premium dan solar atau 7,5% dari konsumsi BBM subsidi nasional per hari.


"Konsumsi BBM subsidi di Jakarta untuk Premium mencapai 6.000 kiloliter per hari (atau sama dengan 6 juta liter)," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir kepada detikFinance.


Ali mengatakan, konsumsi solar di Jakarta tidak terlalu besar yakni sekitar 3.000 kiloliter atau 3 juta liter lebih. "Kalau solar tidak terlalu besar hanya 3.000 KL per hari, sehingga total konsumsi BBM subsidi sebesar 9.000 KL (atau 9 juta liter)," ungkap Ali.


Sementara secara nasional, konsumsi BBM subsidi jenis premium mencapai 80.000 KL per hari dan solar 40.000 KL per hari.


"Konsumsi tahun ini diperkirakan untuk premium dan minyak tanah masih di bawah kuota, sedangkan solar di atas kuota. Namun kami perkirakan kuota BBM subsidi 48 juta KL tahun masih cukup bahkan di bawah kuota," tutup Ali.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!