Cardig Layani Ground Handling Boeing 787 Dreamliner Pertama di RI

Jakarta -PT Cardig Aero Services Tbk melalui dua unit usahanya yaitu PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) dan PT JAS Aero-engineering Service (JAE) menjadi penyedia layanan Ground Handling dan Line Maintenance untuk pesawat jenis Boeing 787 Dreamliner yang pertama di Indonesia.

Layanan ini telah dilakukan untuk maskapai penerbangan Jetstar dengan rute Melbourne - Denpasar pada tanggal 18 Desember 2013 di Bandara Ngurah Rai Bali.


Boeing 787 Dreamliner merupakan pesawat mutakhir berbadan lebar yang mampu terbang jarak jauh yang paling efisien di dunia. Memiliki kapasitas bervariasi mulai dari 210 – 330 penumpang tergantung konfigurasi kelas tempat duduk.


Pesawat ini merupakan jenis pertama yang menggunakan komposit sebagai bahan utama pembuatan struktur pesawat. Untuk menunjang operasional Boeing 787 Dreamliner Jetstar, JAE telah mempersiapkan diri sejak tahun lalu untuk mendapatkan Aircraft Certification dari Civil Aviation Safety Authority (CASA), Australia.


Personil engineer JAE juga telah melewati serangkaian proses pelatihan dan uji kompetensi dengan standar internasional baik di Singapura, Melbourne dan Doha.


JAE juga berinvestasi lebih dari US$ 300,000 untuk pelatihan dan pembelian peralatan teknis dan Ground Power Unit baru. Serangkaian persiapan juga dilakukan oleh JAS Airport Services guna melayani Boeing 787 Dreamliner.


Presiden Direktur PT Cardig Aero Services Tbk, Diono Nurjadin mengungkapkan rasa bangga atas kepercayaan Jetstar terhadap unit usaha JAS dan JAE yang masing-masing menangani Ground Handling dan Line Maintenance bagi pesawat Boeing 787 Dreamliner yang pertama kalinya mendarat di Indonesia ini.


"Ini merupakan konfirmasi bahwa Indonesia memiliki perusahaan penyedia jasa Ground Handling dan Line Maintenance yang berkualitas internasional," kata Diono dalam siaran persnya, Minggu (22/12/2013).


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!