Wamen ESDM: BBM Subsidi Bisa Dihapus Kalau Jakarta Sudah Bebas Orang Miskin

Jakarta -Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menghapus BBM subsidi dari ibu kota tidak bisa dilakukan. Kecuali, kemiskinan di ibu kota ini sudah tidak ada lagi.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo di kantornya, Jakarta, Jumat (20/12/2013).


"Jadi kalau menghilangkan harus clear di Jakarta BBM subsidi, ya di Jakarta sudah bebas dari orang miskin, karena itu yang sensitif," kata Susilo.


Susilo mengatakan, BBM subsidi pada dasarnya tidak boleh dihapus, karena subsidi BBM tujuannya diberikan kepada masyarakat yang tidak punya atau masih miskin.


"Menghapus BBM subsidi itu nggak boleh, karena subsidi itu diberikan kepada masyarakat yang tidak punya," kata Susilo.


Karena itu, syarat menghapus BBM subsidi adalah bila sudah tidak ada lagi orang yang tidak punya atau orang miskin di Jakarta.


Rencana penghapusan BBM subsidi dari ibu kota diutarakan oleh Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Basuki T. Purnama (Ahok). Namun untuk awalnya, BBM subsidi dihapus untuk mobil-mobil pribadi. Setelah angkutan umum makin membaik dan murah, BBM subsidi untuk sepeda motor dicabut.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!