Bus di Jabodetabek akan Dilengkapi WiFi dan Charger

Jakarta -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membantu pemerintah daerah yang memiliki persoalan transportasi massal. Misalnya transportasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

Pada tahun 2014, Kemenhub bakal memberi bantuan 120 unit bus penumpang berukuran besar untuk melayani penumpang dari atau ke pusat pemukiman di sekitar Jakarta.


"Jabodetabek di 2014, kita rencananya sediakan 120 bus besar," Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Alimoeso pada acara diskusi transportasi di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Sabtu (21/12/2013).


Nantinya armada ini akan dilengkapi fasilitas WiFi dan charger sehingga membuat masyarakat nyaman saat berada di dalam bus karena bisa menikmati internet.


"Ini pelayanan angkutan pemukiman. Artinya kita menjemput jasa supaya mereka nggak pakai kendaraan pribadi," sebutnya.


Kemenhub sedang menyiapkan besaran tarif dan operator yang akan mengelola bus sebelum beroperasi di 2014.

"Kalau operator nanti kita lihat. BUMN kita kan ada. Ada DAMRI dan PPD. Nanti bisa minta bantuan," terangnya.


Pada tahun anggaran 2014, Kemenhub mengalokasikan anggaran hingga Rp 300 miliar untuk pengadaan bus penumpang. Bus ini akan disebar ke seluruh kota-kota besar se-Indonesia.


"Kita hanya membantu semacam stimulus ke Pemda yang ngin menyelesaikan persoalan kemacetan di kotanya. Taruh di Bandung, kemudian Pekanbaru, Batam. Kita sudah coba tahun ini di kota Padang sebagai contoh ada 10 kendaraan untuk memperbaiki angkutan umumnya," tuturnya.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!