KAI dan Pelindo II Bangun Jalur Kereta Cikarang-Tanjung Priok

Jakarta -PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama PT Pelindo II (Persero) berencana membangun jalur kereta api barang dengan rute Cikarang Bekasi ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jalur kereta ini dibangun untuk mengurai kepadatan arus di jalan raya dan tol yang dilalui truk angkutan barang dan kontainer dari atau menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

"Tiga hari lalu ada pembicaraan khusus Dirut Kai dan Pelindo II terkait bagaimana rel KAI dimanfaatkan tangani pelabuhan. Agar jalan raya di Jakarta nggak penuh truk dan peti kemas makanya akan dibangun rel dari Cikarang telusuri kanal Cikarang masuk lahan KBN masuk Kalibaru (Tanjung Priok)," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan di Jakarta, Kamis (19/12/2013).


Nantinya rel kereta ini dibangun menyusuri kanal Cikarang dan area industri milik PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero).


"Nanti angkutan truk bisa lancar nggak padati jalan tol. Itu cepat dikerjakan. Daripada pembangunan tol layang untuk truk yang sekarang masih kajian. Nanti mana yang paling cepat kita lakukan. Rel ini sedang kajian kanan kiri di kanal apa bisa dipakai," jelasnya.


Selain itu, BUMN ini berencana membangun rel kereta dari Stasiun Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Priok sepanjang 100 meter. Rel ini dibutuhkan sebagai akses menuju atau keluar Pelabuhan Tanjung Priok.


"Selain itu ada rel masuk Tanjung Priok tinggal dibangun rel 100 meter. Diputuskan oleh Dirut Pelindo II dan KAI nanti dibangun sendiri tanpa menunggu APBN," sebutnya.


Dengan ide ini, ia memproyeksi biaya logistik bisa ditekan cukup tajam. Termasuk mempercepat arus perputaran barang.


"Ini bisa kurangi 200 ribu teus atau kurangi 200 kontainer tiap hari agar kelancaran barang lebih baik. Saat ini 1 truk dari Cikarang ke Priok butuh 1 hari. Nggak efisien, itu biaya logisitk tinggi nanti setelah jadi 1 truk bisa 3 kali pulang pergi Cikarang Priok. Ini lebih efisien," terangnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!